selamat-pagi-dunia

Manusia pagi hari? Morning person? Apa???

Ternyata, setelah merenungi bertahun-tahun mengenai “Kenapa aku cenderung mudah berkonsentrasi di malam hari ketimbang di siang hari?” serta keinginan besar untuk menjadi seorang “Morning Person”, bisa jadi berkaitan dengan jam biologis atau dengan gen yang ada dalam DNA. What?

Istilah Morning Person merujuk pada seseorang yang sangat mudah bangun pagi, melakukan aktifitas pagi hari, atau semua hal positif yang dilakukan pagi hari. According to this website, BBC mengatakan bahwa kemampuan “cukup tidur 4 jam saja” adalah sesuatu yang menurun secara genetis. So, if you believe this. Well, your children, your grandchildren, your grand-grandchildren will be so different. Kebanyakan orang memerlukan durasi tidur paling tidak 8 jam semalam. Yet, sekelompok peneliti dari University of Surrey mengatakan ada semacam gen yang bertanggung jawab jika Anda dapat bertahan melek meskipun tidur kurang dari 8 jam semalam. As also can be seen in this publication (12 Maret 2007).

lari-pagi-sambil-ketawa
Lari pagi sambil ketawa

Jadi kontexnya bagaimana dengan kita?

Tidak banyak informasi yang dapat ditarik dari kedua publikasi tersebut. Jadi bagaimanapun sikap kita, istirahat adalah hal yang baik. Yet I wrote this post at 11:38 PM. So ironic. Saya sendiri tidak terlalu percaya dengan adanya gen yang dapat mempengaruhi performa ketika saya kurang tidur. Saya membutuhkan istirahat yang cukup untuk melakukan hal-hal secara maksimal dan optimal. Namun seringkali juga ketika saya terlalu banyak tidur malah badan terasa pegal-pegal.

Untuk meyakinkan, berikut ini adalah kalimat pembuka dari The Science Daily yang dikutip di atas:

People are known to differ markedly in their response to sleep deprivation, but the biological underpinnings of these differences have remained difficult to identify.

olahraga-pagi
Olahraga Pagi

Closure

Tubuh manusia, meskipun demikian canggihnya sebagai ciptaan Tuhan (Yang Maha Sempurna) tentu saja memerlukan istirahat yang cukup. Tinjauan di atas barangkali adalah salah satu pendekatan Biologi. Untuk saya yang suka begadang, jika dilihat dari sudut pandang psikologi, kemampuan konsentrasi akan mengalami penurunan seiring dengan daya tahan tubuh mengatasi kelelahan. Lagipula, sangat tidak efisien memaksakan daya tahan tubuh dan konsentrasi yang lemah.

Yes. I know I am ironic. Get your activities lined up, get meaning of your life and reach your goals!

Share:

Leave a Comment