Pengelolaan Limbah Kotoran Ayam

For a while, I finally back to something serious. The passage you are going to read isn’t far away from veterinary topics. Berikut ini adalah tentang Pengolahan Kotoran Ayam.

Kotoran ayam adalah salah satu masalah yang paling merepotkan peternak ayam. Efek langsung terhadap kesehatan si ayam sendiri, efek kepada manusia, serta kemungkinan munculnya komplain sosial dari masyarakat di sekitar kandang ayam. Meskipun disarankan untuk membuat peternakan ayam yang jauh dari pemukiman penduduk, tetapi kemampuan pendanaan bisa jadi mempengaruhi penentuan lokasi peternakan. Sebagian besar artikel ini disadur dari sini.

Kandungan Kotoran Ayam

Upaya pengelolaan bau kotoran ayam terutama oleh gas amonia (NH3) dan hidrogen sulfida (H2S) perlu dilakukan untuk mencegah gangguan kesehatan manusia dan ternak. Dalam artikel ini, digunakan probiotik starbio dan kapur 1-3% dalam upaya untuk mengelola limbah kotoran ayam.

kandungan kotoran ayam
Kandungan Kotoran Ayam

Mengurangi kemungkinan munculnya dampak negatif bau yang ditimbulkan dari usaha peternakan ayam dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain dengan memberikan senyawa tambahan pada pakan sebagai imbuhan dengan tujuan meningkatkan efisiensi pakan, sehingga mengurangi sisa protein yang tidak tercerna dan diharapkan dapat mengurangi terbentuknya gas yang berbau.

ayam+pakan –> daging + kotoran mengandung banyak protein

ayam + pakan + probiotik –> daging + kotoran mengandung sedikit protein

Pengolahan Kotoran Ayam

Pengolahan dapat pula dilakukan terhadap kotoran yang dihasilkan dengan menambahkan suatu senyawa yang dapat mengurangi bau. Salah satu zat yang dapat dimanfaatkan adalah zeolit (zeolite, English Wikipedia) dengan cara ditambahkan sebagai imbuhan pakan maupun ditambahkan pada kotoran. Penggunaan zeolit pada skala laboratorium diketahui bahwa pemberian zeolit secara langsung pada kotoran ayam ternyata lebih efektif dalam menekan pembentukan gas amonia dan H2S pada kotoran ayam tersebut. Zeolit dengan konsentrasi 10% yang ditambahkan pada kotoran ayam mampu mengurangi pembentukan gas-gas Amonia NH3 dan H2S.

pengaruh-h2s-pada-hewan
Tabel Pengaruh H2S pada hewan

Tabel diatas menunjukkan pengaruh gas amonia (NH3) pada ternak ayam. Sementara itu, pengaruh gas amonia pada manusia ditunjukkan dalam tabel berikut. Just a reminder, a ppm means “part per million”, atau berapa banyak (part) amonia dalam satu juta (million) udara. Cara pengukuran konsentrasi gas dalam udara dapat dilihat dalam video singkat berikut. Perlu diketahui klorin dapat membunuh mikroba-mikroba tanah, inilah yang menyebabkan hasil akhir dari metode ini tidak dapat dijadikan pupuk organik.

Share:

Leave a Comment